Thursday, October 22, 2015

Ribuan Hektare Kebun-karet Dijual dan Digadaikan

        Sudah setahun ini harga karet getah tidak sesuai dengan harga harga barang pokok di tambah dengan telah beberapa bulan ini hujan tidak turun turunmenyebabkan berkurangnya hasil getah karet dari proses penyadapan dan kebutuhan hidup terus meningkat jadi tak heran banyak sekali para petani karet yang menawarkan kebun karet mereka untuk di jual atau juga di gadaikan  ini semua di picu karna murahnya harga karet getah karna pendapatan mereka tidak sesuai dengan pengeluaran mereka. jadi mereka tyerpaksa menjual kebun karet mereka.
       Dan juga di sebabkan keperluan yang tidak terduga minsalnya masuk rumah sakit itu perlu biaya yang cukup besar uang tabungan tidak punya mau tak mau harus menjual atau mengadaikan harta milik mereka di kampung kampung atau di desa desa saat ini banyak sekali kebun karet yang di jual namun tidak banyak yang mau membeli di karenakan harga karet getah yang murah di tambah kemarau ini semua se mata mata untuk memenuhi kebutuhan hidup dan ada juga untuk bekal mencari pekerjaan dan juga untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
      Walaupun kebun karet laku terjual harganyapun jauh murah di bandingkan harga harga dahulu setahun yang lalu . dahulu kebun karet seharga Rp65000000 per hektarenyakini cuma seharga Rp25000000 per hektarenya itu pun sulit untuk menjualnya karan saat ini yang cuma bisa membeli kebun karet cuma pegawai pegawai saja karna mereka mendapatkan gaji pokok bulanan dan juga tidak terkena dampak dari getah karet yang murah ini. di kawasa desa yang semuanya petani karet saat ini minimal puluhan hektar kebun karet yang di jual dan di gadaikan per desa. jadi kalau perdesa puluhan hektar kalau per kecamatan berapa.
     Mau di gadaikan juga mau se sama orang desa yang bayarnya sekali waktu uang sudah cukup dan juga tidak pakai riba atau persenan tapi selama belum di bayar uang dari tempat kita mengadaikan tidak boleh kita yang mengelola kebun karet yang berhak cuma tempat kita mengadaikan itu adat istiadat pengadaian di desa desa. mereka saat ini juga engan mengadaikan kebun mereka ke bank atau ke pengadaian sebenarnya karena buar mudah mendapat pinjaman dan juga kita sendiri yang mengelola kebun karet kita yang di gadaikan karena harus membayar tiap bulan angsuaran pinjaman tersebut bersama bunganya kalau harga karet terus merosot. menambah bigung gi mana mau bayar angsuran kalau hasil lebih kecil dari pengeluaran.
    Dan tidak jarang bila kita melintasi jalan jalan yang banyak merk tanah di jual. yang cepat lakunya ber ada di lingkungan kota atau di pingir jalan raya. di media online banyak juga kita dapati kebun karet di jual atau juga di surat kabar. dan ada juga petani karet yang telah menebang pohon karetnya dan mejual pohonnya itu dengan harga borongan Rp35000000 per hektare atau juga harga mobilan  satu bak mobil colt diesel seharga Rp150000 sampai Rp200000 per mobilnya. itu yang di lakukan petani karet dan juga menganti tanaman karet dengan tanaman lain.
    HARGA KARET GETAH HARIAN      ;Rp5500 sampai Rp6000
    HARGA KARET GETAH MINGGUAN ; Rp 6500 sampai Rp 7000
    HARGA KARET GETAH 2 MINGGUAN; Rp7500 sampai Rp8000

No comments:

Post a Comment