Monday, March 21, 2016

CARA PEMUPUKAN TANAMAN KARET

         Tanaman karet tumbuh subur di tanah yang subur maupun gersang di tanah gersang harus di pupuk terus menerus baik sebelum menghasil maupun sudah menghasilkan pohon karet tuhbuh setinggi 20 meter sampai 35 pohon karet akan terus memproduksi getah karet dengan sangat lama kalau kita bisa merawatnya ter utama di cara penyadapannya dan pemupukannya kalau pohon karet ingin berproduksi lama waktu menyadapnya jagan sampai terkena kayu bagian dalam pohon karet cukup di kulit saja karena kalau sampai kayu kulit pohon karet tidak akan kembali tumbuh jaringan menjadi rusak. dan kalau cuma menoreh di kulitnya saja kulit terus dan terus tidak akan habis tumbuh dan tumbuh.

1,Cara pemupukan tanaman karet belum produksi
Untuk memupuk tanaman karet yang belum produksi harus rutin terumpama umurnya 1tahun sampai 2tahun kalau bisa setiap bulan dan pupuk yang di gunakan yang bagus dan murah pupuk kandang tapi waktu pemupukannya harus benar benar di musim penghujan karna kalau terlalu lama tidak terkena air tnaman karet akan layu aatau menguning daunnya karena pupuk kandan ini panas terutama tanaman karet di bawah itahun.
 
    Dan degan pupuk NPK dengan pupuk ini tidak ada pengarunya walau di pupukan lama terkena air. cuma saja lamban reaksi dari zat pupuknya dan juga harga cukup mahal pupuk cukup di taburkan mengelilingi tanaman karet baik untuk pupuk kandang maupun pupuk NPK dan bisa juga gi galikan di samping tanaman karet dan kemudian di timbun supaya kalau hujan turun dengan deras pupuknya tidak ter bawa air.

    Dan kalau tanaman karet sudah berumur 3 tahun ke atas sebelum berproduksi cukup di pupuk 2tahun sekali atau 1tahun sekali dan banyak juga di biarkan saja menugu berproduksi baru di pupuk dan di bersihkan. masa mulai penyadapan hendaknya pohon karet sudah benar benar matang yaitu di umur 6tahun ke atas tapi masih banyak sekarang ini yang mulai penyadapaanya di umur 4tahun. di masa pertumbuhan ini yang di perlukan tanaman karet adalah zat penumbuh batang.

 2.Cara pemupukan tanaman karet sudah produksi
Untuk pemupukan tanaman karet yang sudah berproduksi hendaknya di lakukan dengan rutin 4bulan sekali palin tidak 1 tahun sekali supaya hasil produksinya maksimal dan pupuknya juga tidak cukup dengan 1macam pupuk saja karena ada yang untuk memperbanyak getah dan untuk batang daun dan buah serta tanah. bisanya petani karet memupuk dengan mengabunkan 3macam jenis pupuk di antaranya 2sak pupuk UREA,1sak pupuk KCL,dan 1sak pupuk TSP ini semua di gabunkan menjadi satu dan di taburkan mengelilingi pohon karet dengan minimal 1kg per pohon karet dgn 3macam pupuk yang di campurkan.
   
    Adapun dengan cara menggalikan di antara pohon karet ini biasanya di lakukan untu lahan yang banyak jurang atau di bukit supaya pupuk tidak terbuang begitu saja ikut dengan air hujan dan hendaknya pohon karet sebelum di pupuk harus di bersihkan lebih dahulu terutama yang di dekat pohon karet baik daun karet yang gugur maupun tnaman liar seperti rumpu-rumput.

No comments:

Post a Comment