Monday, September 7, 2015

Harga Getah Karet di Wilayah Palembang

         Harga getah karet di wilayah palembang saat ini terus merosot turun harga karet sudah murah di tambah lagi dengan kekeringan membuat para petani karet kebingungan semua bahan pokok naik tapi harga karet getah turun selasa 08 september 2015 harga karet di setiap kecamatan berbeda beda mulai
dari harga 7000 sampai 9000an lebih apa lagi desa yang jauh dari tempat pelelangan getah karet akan lebih murah karna ongkos transportasinya mahal.
       Hargakaret di kecamatan belida darat hari selasa 08 sep 2015berkisardi 7300 sampai 7800 itu di tagan toke getah karet, mereka biasanya mengambil keuntungan dari 50 sampai 250 per kilogram di setiap penjual getah karet pada mereka. itu untuk harga karet per dua mingguan.
harga getah karet di kecamatan gelumbang berkisar dari 8700 sampai dengan 9500 itu harga getah karet pder dua mingguan sedangkan harga getah karet perbulan dari 10000 sampai dengan11500.
dan harga getah karet mingguan di hargai 6300 sampai dengan 6800.harge getah karet di kecamatan gelumbang bisa paling mahal.
      Harga getah karet di kelurahan karang jaya mulai dari harga 7800 sampai 8900  untuk per dua mingguan. harga getah karet berbeda beda harga karna tepat lokasi,kadar getah dan saat penimbangag getah karet.
      Ini harga karet yang jaraknya tidak begitu jauh dari pabrik pabrik getah karet. harganya berbeda dan murah gimana petaninkaret tidak menjerit dan kesusahan harga karet murah dan di tambah kekeringan pohon karet tidak akan menghasilkan getah secara normal karna kemarau.
 contoh;
      Pak karto menyadap satu hektar pohon karet dengan jumlah batang pohon karet sejumlah 560 batang. saat ini ia mampu menghasilkan getah karet sebanyak 80 samai 120 kilogram per dua mingu seblum kemarau dia bisa menghasilkan 200 kilogram coba bayangkan 80kg*7300 brapa hasinya per dua mingguan untuk kebutuhan pokok onkos tranportasi ke kebon karet anak sekolah belum lagi ada kreditan atau juga bayar bank .
       Harga getah karet sudah hampir genap 2 tahun anjlok bagaimana kita mengatasi hargr getah karet?
kata orang orang harge getah karet mengikuti harga dolar,logam mulia tapi itu tida dolar mahal emas mahal karet anjok yg benar mengikuti harga pembeli.                                                                                     Senin 21 september 2015 harga karet getah menurun lagi di mana mau hari raya idul adha dan kemarau, yang terus menerus menambah pengeluaran untuk membeli air bersih.
*harga getah karet untuk satu bulan seharga 10.000 sampai 11.000 di daerah prabumulih dan gelumbang, yang pelelangannya di laksanakan di gelumbang.
*harga getah karet untuk dua minggu seharga 7000 sampai 8000 itu di kawasan prabumulih dan sekitarnya.
*harga getah karet untuk satu minggu seharga 5000 sampai 6000 di kawasan ogan ilir.
*harga getah karet harian seharga 4000 .

tips cara menghindari kecurangan dalam menimbang getah karet [menjual]
*kita harus menimbang dahulu sebelum di timbang oleh pembeli.
*kita haru perhatian berapa jumlah jarum pada angka timbangan dengan jumlah timbangan yang di beritahukan oleh pembeli.
*kita harus perhatikan batu timbangan yang di pakai yang untuk menimbang 50 kilo gram,yang 100 kilo gram dan utuk yang 100 kilogram beratnya 1 kilogram,yang 200 kilogram beratnya 2 kilogram dan yang 50 kilogram beratnya 0,5 kilogram jika lebih dari itu maka timbangan tidak sesuai dengan berat yang sebenarnya.
*terus kita diamkan karet di atas timbangan jagan sampai ada yang bergerak lagi jagan di turunkan getah karet sebelum selesai di timbang.
*perhatikan juga jari tagan penimbang bisanya mereka memjepit mistar timbangan sambil menekan.
*perhatikan juga kaki dari yang menaikan dan menurunkan getah karet .yang nakal biasanya menganjal timbangan biar beban timbangan sedikit.
*dan kerja sama penimbang dan pengancu getah karet yang gekak cepat saat belum selesai nimbang sudah di turunkan.


No comments:

Post a Comment