Friday, May 13, 2016

JENIS DAN MACAM BIBIT KARET

        Para pencinta dan pembudi daya bibit karet dan parapetani karet kita sudah tahu banyak sekali macam dan jenis bibit karet. itu semuanya di nyatakan bibit unggul semua oleh pembudidaya bibit karet bibit. semua bibit karet ada ke unggulan dan ada kekurangannya. bibit karet terbagi dalam duabagian;

1.Bibit karet tempelan di mana kita harus menyiapkan batang bibit yang untuk di tempel yang sudah berumur 0,5 sampai1 tahun. dan kita mau membudi dayakan jenis bibi karet apa saja bisa karena yang akan tumbuh sesuai dengan bibit karet yang kita tempelkan.
    -BIBIT KARET PBM
    Jenis bibit karet ini baik di tanam tanah yang sedikit lembab karna kadar getahnya tinggi dan ke lebihan bibit ini getahnya tidak berkurang di saat kemarau dan ke kurangaannya baru berumur 8tahun ke atas baru berproduksi maksimal.
    -BIBIT KARET IRR
   jenis bibit karet ini juga baik di tanam di lahan yang agak lembab juga bibit karet jenis ini kadar getahnya memang banyak tapi di saat curah hujan banyak.
    -BIBIT KARET IRC
  jenis bibit karet ini bagus di tanam di tanah yang agak kering karna kadar getahnya dan air nya sama dan getahnya benar benar banyak tapi kulitnya rusak tidak mulus.
    -BIBIT KARET PB
   jenis bibit karet ini jga bagus di tanam di lahan lembab juga dan hasil produksi juga berkurang di saat kemarau.
    -BIBIT KARET KUSEN
   jenis bibit karet ini baik di tanam di tanah kering karena kadar airnya tinggi dan bibit ini  bibit jenis lokal cuma ada di daerah tertentu jenis bibit karet ini hasil getahnya luar biasa tapi masa produksinya tidak lama kalau tidak bisa merawatnya.
    -BIBIT KARET GT
   Jenis bibit ini juga baik di tanam di lahan lembab karena kadar getahnya yang tinggi bibit juga tidak berkururang di saat ke marau tapi lapisan kulit yang ke dua baru berkurang.

2.BIBIT KARET BIJI
Jenis bibit karet biji ini baik di tanam di tanah kering maupun rawa-rawa karena bibit karet menanam dengan biji ini masa produksi lama dan lama kalau bisa menyadapnya dan akan terus membesar sampai ada yang berdia meter 2meter lebih dan bibit biji ini sama juga dengan bibit karet tempelan juga ada jenisnnya antara lain;PB,PBM,GT. Dan jenis inikekurangannya batangnya besar di bawah di atas terus mengecil menirus.

 Dan juga sekarang ini sudah ada juga bibit biji yang 3 batan di jadikan 1 istilahnya 3in 1 ini jyga jenis lokal hasilnya juga memuaskan tapi rata- rata bibit karet biji ini semuanya berkurang hasil produksinya di saat kemarau tiba.

Para petani karet sebelum menanam pohon karet kita kenali dulu lahan kita kalau jenis tempelan mau ditanam di lahan yang sering tergenang air tidak baik karena bibit tempelan tidak bisa sering terendam air pohon karet kita akan mati. sebaiknya kita tanam bibit karet biji.

No comments:

Post a Comment